BackpackerLampung.com | Ada yang pernah dengar tentang Gigi hiu ? Uppss bukan gigi nya hiu, tapi pantai gigi hiu,  yups bagi kalian yang penasaran tentang pantai gigi hiu di lampung , kali ini saya mau sedikit bercerita tentang keindahan pantai tersebut dan tips untuk menuju kepantai gigi hiu. Gigi hiu atau Pantai Pegadungan ini memang berada didaerah pelosok sehingga akses menuju kesana sangat lah sulit,

Akses Wisata Ke Pegadungan (Gigi Hiu )

Lokasi Gigi hiu ini berada di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Pantai Gigi Hiu ini lumayan jauh dari perkampuangan penduduk.

Jalur akses dan jalan menuju ke Pantai Pegadungan atau gigi hiu ini memang menjadi permasalahan utama bagi para traveller yang ingin berwisata ke gigi hiu, karena lokasinya yang sulit di jangkau.

  1. Jika kalian dari jakarta, kalian bisa naik bus menuju merak , lalu lanjut dengan menggunakan kapal dari pelabuhan merak menuju bakauheni, setalah kalian sampai di pelabuhan Bakauheni kalian bisa menggunakan travel menuju ke Panjang.
  2. Dari Panjang perjalanan akan kembali dilanjutkan menuju ke Teluk Kiluan menggunakan mobil pick up. Dan setalah kalian sampai di teluk kiluan kalian bisa menyewa ojek.

Kalau saran saya lebih baik kalian ikut travel atau bisa sewa ojek.  yah itu karena lokasinya sangat sulit dijangkau dan sedikit rawan.

Jarak tempuh dari Teluk Kiluan menuju ke Pantai Pegadungan / gigi hiu tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu satu jam perjalanan saja, namun karena jalan berlubang serta licin dan rawan, maka perjalanan akan melebihi waktu tersebut. Ongkos perjalanan ini pun merogoh kocek yang  cukup besar untuk satu kali perjalanan pulang-pergi.

13381829943_d7370686bb_b

Kenapa disebut pantai Gigi Hiu ?

Pantai Gigi Hiu ini cukup berbeda dengan pantai lainnya karena pantai  Pegadungan ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gigi Hiu memiliki keeksotisan dan keunikan yang terletak dari banyaknya gugusan batu-batu karang yang menjulang tinggi bak tebing dengan susunan yang cukup unik. Gugusan-gugusan batu tersebut memiliki tinggi dan juga besar yang cukup bervariasi antara 1 meter hingga 10 meter untuk ketinggiannya.
Itulah kenapa Pantai Pegadungan ini lebih dikenal sebagai Pantai Gigi Hiu karena adanya tebing-tebing yang menyerupai gigi dari hiu. Namun ada pula yang menyebut panyai ini sebagai Batu Layar karena batunya yang berkembang bagaikan perahu layar.

Keindahan Pantai Gigi Hiu / Pegadungan

Kelumbayan-gigi-hiu-lampung

Sebelum kalian berkunjung kepantai gigi hiu ada hal yang harus kalian pahami sebab di sekitar Pantai Pegadungan / Gigi Hiu ini ombak yang dimilikinya sangat besar dengan batu-batu karang yang tajam serta runcing, jadi saya peringatkan untuk tidak berenang, snorkeling ataupun diving di area ini, karena pantai yang satu ini bukanlah spot yang tepat bagi kalian yang ingin melakukan kegiatan bawah laut. Kalau kalian ingin wisata bawah laut seperti snorkeling ataupun diving kalian bisa mengunjungi pahawang ataupun teluk kiluan.

Pantai gigi hiu ini  sendiri sebenarnya hanya menawarkan keindahan lokasi pemandangan nya ,oleh karena itu kebanyakan pengunjung yang datang ke lokasi ini merupakan para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan alam melalui lensa kameranya. Dan hal terbaik yang bisa kalian dapatkan jika berkunjung ke Pantai Pegadungan atau Gigi Hiu adalah ketika matahati terbit (sunrise). Karena pada saat itu kalian akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah dari pancaran lembayung berwarna merah jingga diantara sela-sela batu-batu karang besar nan runcing serta deburan ombak besar yang juga memantulkan cahaya dari warna matahari yang begitu cantik nan elok sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.