BackpackerLampung.com | Way Kambas atau Taman Nasional Way Kambas  sudah terkenal sejak dulu sebagai pusat pelatihan gajah Sumatera. Way Kambas terletak di provinsi Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Way Kambas terbentuk dari sejarah letusan gunung Krakatau di masa lalu, dengan luas lahan yang ditempati 1300 km persegi. Taman nasional ini juga merupakan pusat latihan gajah pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1985, dan ditetapkan sebagai kawasan taman warisan ASEAN ke-4 di Indonesia atau ke 36 di Asia tenggara, hal ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan kawasan diwilayah ini dengan keanekaragaman hayati dan nilai ekosistemnya yang tinggi.

Selain melatih sekitar 300 ekor gajah, diway kambas juga terdapat IRF ( International Rhino Foundation ) yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah. Dan di taman nasional way kambas ini adalah satu-satunya lokasi tempat pengembangbiakan badak sumatera secara alami didunia.

Hewan dan Tumbuhan yang ada di Taman Nasional Way Kambas

Badak Sumatera

Jika kalian berkunjung keway kambas kalian bisa melihat hewan yang hampir punah diantaranya Badak Sumatera, Gajah Sumatera, buaya sepit, Harimau Sumatera, Mentok Rimba, dan Untuk tanamannya kita dapat banyak menemukan Api-api, Pidada, pandan, dan nipah. Terdapat pula beberapa jenis burung diantaranya burung pependang timur, burung tongtong, sempidan biru , kuau raja dan jenis lainnya.

 

 

Harimau Sumatera

Untuk menuju Taman Nasional Way Kambas Jika kalian yang berdomisi diBandar Lampung atau luar lampung – ada bus Damri Rajabasa ke Way Kambas pulang pergi (PP). Kalian bisa beli tiketnya di Pool damri Rajabasa Lampung.  Jadwal Damri ke Way Kambas ada di jam 06.00, 08.00, 10.00, dan 13.30, namun biasanya hanya jam 6 dan jam 8 saja yang beroperasi, jadi pastikan kalian berangkat pagi-pagi.

Kuy jalan-jalan kelampung 🙂