Backpackerlampung.com | Kalian tau gak kalau gak cuma di bali atau lombok yang asyik buat berselancar, ternyata di lampung ada tempat yang bisa dipilih untuk berselancar meniti ombak.
Spot surfing favorit wisatawan mancanegara tersebut ada di Krui. Bagi kalian yang belum tahu, Krui adalah ibukota dari Kabupaten Pesisir Barat di Lampung.

pantai mandiri krui lampung
Pantai Mandiri @akbarazmiahmad

Jadi Karena letaknya yang berada di pinggir Samudera Hindia, Krui pun memiliki banyak pantai yang indah dengan gelombang ombak tinggi.
Seperti Pantai Tanjung Setia, Pantai Labuhan Jukung Krui, Pantai Mandiri, Pantai Way Jambu, dan Pantai Pugung, kelima pantai ini menawarkan wisata selancar kelas dunia. Inilah yang menjadikan Krui cocok untuk para peselancar.

Tak tanggung-tanggung lho, wisatawan luar bahkan menjuluki Krui sebagai The Old Hawaii atau bisa disebut hawaii nya Indonesia.

Hal ini dikarenakan Krui juga memiliki bukit-bukit indah yang masih hijau. Dan pantai-pantai di Krui pun akan tampak bagai surga tropis tersembunyi.

Keindahan Pantai Krui

Pantai Krui memiliki hamparan pasir putih di sepanjang pantai. Di pantai ini, pengunjung akan menemukan hamparan pasir putih bersih yang akan membuat pengunjung nyaman untuk bersantai di pinggir pantai.

pantai krui lampung
Krui @akunrino

Hamparan pasir putih ini juga sangat indah bila diabadikan dalam foto dan video. Pantai di krui juga terkenal dengan biota bawah laut nya. Maka dari itu Krui menjadi salah satu destinasi wisata lampung terbaik di Indonesia. Ditambah lagi dengan pohon kelapa yang berjejer sepanjang pinggiran pantai, semakin menambah keindahan pantai krui ini.

Dari Pantai Krui, kalian juga bisa melakukan perjalanan ke Pulau Pisang untuk snorkeling. Di sana terdapat airnya yang jernih dengan keberadaan terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam. Bahkan di Pulau Pisang juga ada gerombolan lumba-lumba yang sering muncul ke permukaan.

Krui, Surganya Surfing/Selancar Kelas Dunia

Untuk para surfer pasti sudah tidak asing dengan Pantai Tanjung Setia, yaitu salah satu spot untuk berselancar di Pantai Krui. Sebenarnya hampir seluruh pantai yang ada di Krui, yang membentang dari ujung Bengkunat hingga ujung Pugung Lemong memiliki spot selancar. Kalau kalian datang ke Krui, kalian akan menemukan banyak pantai dengan ombak yang tinggi. Ombak ini tentu bagi surfer adalah surga mereka.

pantai tanjung setia krui
Tanjung Setia Krui @jairopacwaves

Pertama, ada Pantai tanjung setia. Disebut juga Ujung Bocor bagi kalangan wisatawan mancanegara. Aslinya pantai ini namanya Karang Nyimbor. Pantai ini merupakan Camp terbesar turis dari berbagai belahan dunia.

Ombak yang tipikal dan berlapis dengan bentangan gulungan ombak dengan panjang 200 hingga 300 meter ini juga termasuk ombak terbaik di Dunia. Event KRUI SURFING INTERNASIONAL selalu digelar di sini setiap tahun.

pantai tanjung setia krui
Tanjung Setia Krui @jairopacwaves

Kemudian ada Pantai Wayjambu yang kerap disebut Sumatera Pipeline. Spot ini memiliki ombak yang ekstrim. Peselancar yang datang ke sini biasa nya kelas Pro. Bagi fotografer, akan bisa mengambil momen saat peselancar melayang diudara di atas Ombak.

Spot Labuhan Jukung yang cocok untuk Pemula

Ada juga Spot surfing di Pantai labuhan jukung. Lokasi ini tidaklah seramai Tanjung setia. Di sini dikhususkan bagi Peselancar pemula. Labuhan jukung ombak nya tergolong kecil, dan kebanyakan untuk bersantai ria dan berselfie dengan Sunset di sore hari.

labuhan jukung krui
Labuhan Jukung Krui @adien_rohyanudin

Spot Surfing yang paling ekstrim, adalah Jimmys. Yang secara tradisional dikenal dengan nama Pantai Pugung Penengahan. Wisatawan yang bermain ke lokasi ini sangat minim. Karena ombak Jimmys merupakan yang tertinggi dan paling Brutal di Krui.

Letak gulungan ombak nya juga jauh dari bibir pantai. Peselancar yang datang bermain selancar disini sudah pasti Peselancar Kelas Dunia yang handal. Jika ingin menyaksikan atraksi para surfer kelas dunia di Pugung penengahan, bisa datang pada saat musim panas dan air laut pasang.

Pulau Pisang

Pantai pulau Pisang ini hanya berjarak 30 menit perjalanan perahu dari pantai krui. Dari pantai Krui, pengunjung dapat menyeberang ke pulau Pisang. Dari Dermaga Krui, perjalanan ke pulau Pisang menggunakan kapal penyeberangan selama kurang lebih 40 menit.

pulau pisang lampung
Pulau Pisang @pesisirbarat_

Baca! Cara Menuju Pulau Pisang

Pulau ini memiliki pantai indah dengan pasir putih bersih yang mengelilingi pulau yang sepi. Jika ingin berenang atau sekadar bermain di dalam air yang jernih maka bisa ke pantai di sisi utara pulau, yaitu ke Pantai Labuhan Pisang dan Dermaga Pulau Pisang. Pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan menyelam di Pulau Pisang.

Pulau Pisang @setiawan_lekat

Selain pantai dan ombaknya, Pulau Pisang juga merupakan tempat bermukim pengrajin kain sulam emas dan kain Tapis terbaik di Lampung. Ini menjadikan nya sebagai tempat yang tepat untuk membeli kain Tapis sekalian belajar cara membuatnya.

Pulau Pisang dahulu adalah penghasil cengkeh. Sisa perkebunan cengkeh bisa ditemukan di sekitar bangunan Mercusuar di tengah Pulau Pisang. Pengunjung bisa jelajah kebun sambil lintas alam di sini. Belanda membangun sebuah sekolah disini pada tahun 1892, dan ada beberapa bangunan lain yang diperkirakan dibangun pada masa yang sama.