Backpackerlampung.com | Setelah hampir 3 bulan semenjak pandemi covid-19 menyerang sektor pariwisata, saat ini kabar gembira untuk kita semua yang merindukan suasana liburan seperti sebelum pandemi covi-19 menyebar ke provinsi Lampung.

Lokasi Wisata di Kabupaten Pesawaran dipastikan sudah dapat kembali beroperasi. Hal tersebut menyusul adanya kesepakatan diantara para pelaku wisata dan juga pemkab pesawaran dalam menerapkan protokoler kesehatan di Lokasi wisata.

Seperti yang diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Kesuma Dewangsa ketika dihubungi melalui sambungan teleponnya, Selasa (16/6).

Sekda Pesawaran Kesuma Dewangsa

“Ya memang sejak kemarin (Senin-red) kita sudah memberikan izin untuk Lokasi-Lokasi pariwisata agar dapat beroperasi kembali,” kata sekda.

Ia menjelaskan, sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah melakukan kordinasi dengan para pelaku pariwisata, disampaikan disana, terkait kesanggupan dan juga persiapan dari para pelaku pariwisata untuk dapat mempersiapkan sistim protokoler kesehatan yang diperlukan dalam masa pandemi Covid-19.

“Sebelumnya kita sudah kumpulkan, pelaku pariwisata bersama dengan dinas terkait, kita bahas disana tentang persiapan untuk membuka kembali Lokasi pariwisata, dan waktu itu disepakati Lokasi pariwisata dapat dibuka dengan menerapkan sistem protokol kesehatan,” jelas dia.

Kesuma juga mengatakan, sistim protokoler kesehatan yang dimaksud diantara lain, setiap pelaku pariwisata tetapdapat mempersiapkan beberapa perangkat pendukung dalam pencegahan Covid-19, selain tetap menerapkan psycal distancing.

“Lokasi wisata dapat dibuka dengan catatan, pengelola tetaptetap menerapkan protokoler kesehatan, didiantaranya tetap jaga jarak, selain itu tetapada perangkat pendukung, seperti menyiapkan termo gun, hand sanitizer, fasilitas cuci tangan juga tetapdiperbanyak,” jelas dia.

“Selain itu juga, untuk Lokasi pariwisata yang besar, tetap bisa menyiapkan Lokasi isolasi, ataupun kendaraan untuk evaluasi jika sewaktu-waktu diperlukan,” timpalnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, nantinya akan ada tim dari pemerintah daerah yang akan melakukan peninjauan kepada Lokasi-Lokasi wisata tersebut.

“Ya nantinya akan ada tim dari Pol-PP dan juga Dinas Pariwisata, yang akan meninjau secara langsung lokasi wisata, kita liat disana apakah protokoler kesehatan telah benar-benar diterapkan,” tutupnya. (snd/ram)