Backpackerlampung.com | Pantai tanjung setia Terletak di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Krui pesisir barat. Pantai ini berada di dekat Jalan Lintas Sumatera Selatan, sehingga sangat mudah dijangkau.
Pantai Tanjung Setia merupakan salah satu pantai indah yang berada di pesisir barat Provinsi Lampung. Pantai ini populer karena keindahan ombaknya yang bergulung gulung dan gulungan ombak dipantai ini bisa mencapai 6-7 meter, dengan panjang sekitar 200 meter. Sehingga menjadi daya tarik bagi para peselancar dari indonesia bahkan peselancar dari berbagai macam negara.

Cara menuju Pantai Tanjung Setia Krui

Untuk akses menuju pantai tanjung setia kalian membutuhkan waktu sekitar 5-8 jam dari kota Bandar Lampung, dengan jarak sekitar 273 km. Meskipun jauh, dan jalanan nya berupa lereng berliku dengan tanjakan dan turunan, kalian tidak akan bosan karena kawasan ini dekat dengan kawasan hutan lindung Bukit Barisan, jadi selama perjalanan, kalian akan ditemani oleh keindahan alam Bukit Barisan.

Jalanan nya pun cukup mulus dan nyaman, tidak terlalu sulit ditempuh. Sudah tersedia angkutan umum untuk menuju pantai ini. Pengunjung bisa naik bus Krui Putra dari terminal Rajabasa, dan langsung turun di pantai Tanjung Setia.

surfing pantai tanjung setia 2

Saat ini ada 3 akses menuju pantai tanjung setia jika anda berada di Bandar Lampung.

Rute pertama dari pusat kota bandar lampung, kalian bisa naik bus krui putra dari terminal rajabasa. dijalur ini kalian akan melewati beberapa daerah seperti Pringsewu, Pageralan, Kota agung hingga berakhir di Tanjung setia. Waktu tempuh untuk rute ini sekitar 5 sampai 6 Jam.

Rute kedua dengan jarak tempuh sekitar 7-8 jam adalah rute terpanjang, dijalur ini kalian akan melewati kotabumi lampung utara, liwa dan krui dan sampailah di tanjung setia.

Rute ketiga adalah rute tercepat, bagi kalian yang hanya mempunyai waktu yang sempit karena pekerjaan, sekarang kalian bisa langsung menuju krui dengan menggunakan pesawat dari Bandara Raden Intan II lampung, menuju Bandar Udara Muhammad Taufiq Kiemas Pekon Serai Lampung barat. Waktu jarak tempuh sekitar 45 menit, setelah sampai di Bandara Taufiq kiemas kalian bisa menggunakan angkutan umum menuju pantai Tanjung setia, hanya memakan waktu sekitar 30 menit kalian bisa mendapatkan pemandangan yang indah.

Surfing Tanjung Setia

Fasilitas di Tanjung Setia Pesisir Barat

Fasilitas yang ditawarkan dipantai tanjung setia ini cukup lengkap, mulai dari homestay, cottage hotel dan juga resort sudah banyak tersedia.
Kalian juga bisa berkemah didekat pantai.

Untuk makanan dan minuman kalian tidak perlu khawatir, disini tersedia banyak makanan khas indonesia mulai dari makanan tradisional maupun makanan internasional yang biasa disajikan untuk wisatawan mancanegara.

Surfing di Pantai Tanjung Setia

Jika selama ini tempat surfing di Indonesia yang paling tersohor adalah Bali, namun kenyatannya masih ada daerah lainnya di Negara kita yang memiliki tempat ideal untuk olahraga berselancar. yaitu di Pantai Tanjung Setia ini.

Ombak di Pantai Tanjung Setia termasuk tinggi dan indah. Pantai ini berada tepat di jalur arus besar Samudera Hindia. Inilah juga yang menjadikan Pantai Tanjung Setia termasuk pantai yang memiliki ombak cukup stabil.

Ombak di pantai ini pun diklaim sebagai salah satu ombak yang paling terindah di dunia, loh. Apalagi ketika ombak tersebut beraksi di pertengahan tahun yaitu awal April sampai akhir Agustus. Pada bulan bulan itulah, ombak di Pantai Tanjung Setia begitu tinggi tanpa putus dan sangat elok. Ketinggiannya bahkan bisa mencapai 7-10 meter, dan panjangnya mencapai 200 meter.

World Surfing League Tanjung setia


Di pantai ini sering kali diadakan berbagai event akbar, seperti pada tanggal 15-20 April 2019 lalu di selenggarakan World Surfing League yang merupakan sebuah event untuk para peselancar di dunia. Selain itu Pantai Tanjung Setia pun pernah dijadikan sebagai lokasi untuk kejuaraan surfing internasional yang bertema Krui Pro 2018. Pada acara kejuaraan tersebut diikuti oleh 107 peselancar dari 17 negara. Acaranya begitu sukses dan meriah, dan berhasil menjadikan Pantai Tanjung Setia semakin menjadi sorotan bagi para surfer dunia.

sunset tanjung setia

Bagi kalian pecinta fotografi ada beberapa spot di Pantai Tanjung Setia untuk menyaksikan dua fenomena alam paling cantik di dunia yaitu sunrise dan sunset. Dua moment tersebut begitu memukau, menawan dan menakjubkan di pantai ini. kuy jalan-jalan kesini.